Minggu, 28 Maret 2010

TERBENTUKNYA DESA GIRIPURNO




Dahulu kala datanglah mbah Singorejo dari Singosari bersama tiga rekannya ke daerah barat Singosari, tepatnya di lereng selatan gunung Arjuno. Di daerah yang berada di sebelah timur Bumiaji itu mereka melakukan babat alas (membuka hutan) untuk dibuat ladang, sawah dan untuk pemukiman.
Salah satu rekan mbah Singorejo bernama Darimah, Beliau merupakan pepunden bagi desa Giripurno, yang kelak berdiri di kemudian hari.ama Giripurno diambil dari Giri artinya Gunung sedangkan Purno artinya lereng dari nama kerajaan Singosari “Meduran Ilang Sampurnane”.

Daerah yang baru dibuka itu, lambat laun bertambah ramai, karena banyak berdatangan penduduk yang bermukim di sana.
Mereka melakukan pertanian dengan berkelompok yang mengerjakan lahan secara terpisah-pisah. Sedangkan pemukiman pertama yang di diami Mbah Darimah adalah di sekitar dusun Krajan, tepatnya di atas sebuah bukit kecil yang dibawahnya mengalir sebuah sengai kecil yang bening. sekarang tempat itu tetap dilestarikan dengan didirikan sebuah punden dan ditandai tanaman pohon Beringin. Di tempat itu juga ditemukan uwi lajar dan tempat itu dinamakan dusun Lajar.
Sedangkan daerah persawahan untuk mencukupi kehidupan mereka terletak di sebelah Timur pemukinan di dusun Krajan yaitu yang sekarang menjadi Dusun Sawahan.
Di salah satu tempat ada sungai yang digunakan untuk memandikan ternak yaitu berupa kedung dibawah pohon besar yang akhirnya dinamakan dusun Kedung, dibagian utara sungai terdapat pohon besar yang akhirnya tempat itu dinamai dusun Sebrang Bendo, bagian timur Sabrang Bendon dan bagian selatan di dekat sungai Brantas banyak dihuni oleh penduduk asli yang tidak mau dikawini oleh penduduk pendatang, sehingga daerah tersebut oleh sesepuh kampung yaitu mbah Singorejo dan mbah Darimah diberi nama dusun Durek.
Sampai pada tahun 1938 tokoh-tokoh kampung berkumpul membuat pemerintahan desa dan mengangkat kepala kampungnya/ kepala desa yaitu Bpk. Itun yang selanjutnya mengikuti wilayah pemerintahan kecamatan Karangploso dan kabupaten Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar